Subscribe

RSS Feed (xml)



Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Rabu, September 02, 2009

Games Mentoring

Games Mentoring

1. Kenalan Yuk


Ukhuwah Islamiyah Mengenalkan diri sehingga semua peserta saling mengenal satu sama lain  Mintalah peserta untuk berpasangan

 Mintalah peserta dengan masing-masing pasangannya untuk saling berkenalan meliputi hal-hal berikut ini :

 Nama lengkap

 Alamat

 Asal sekolah

 Asal daerah

 Hobi

 Cita-cita

 Mintalah peserta dan masing-masing pasangannya untuk secara bersilang mengenalkan diri mereka.

2. Darimana Datangnya Lintah Meaning Of Life Peserta mengetahui asal usul kejadian makhluk hidup dan memahami arti kehidupan Tahap I :

 Apakah manusia itu hewan yang dapat berfikir? Mari kita buktikan (Kelompokkan peserta dalam 3 kelompok)

 Masing-masing kelompok diminta memilih satu jenis binatang

 Masing-masing kelompok diminta memberikan penjelasan tentang :

 Dari mana asal kejadian binatang itu

 Untuk apa binatang itu hadir di alam

 Apa yang dikerjakannya selama hidup

 Kemana kira-kira setelah mati

Tahap II :

 Masing-masing kelompok diminta menjelaskan tentang manusia

 Darimana asal kejadiannya

 Untuk apa hadir di dunia

 Apa yang akan dikerjakannya

 Kemana setelah mati

 Ditekankan pentingnya memahami arti kehidupan karena penciptaan dirinya ke dunia ini bukan sekedar main-main saja tapi memiliki keunggulan yang akan dipertanggung-jawabkan. (QS. Al-Mu’minun (23) : 115 – 118 ; Adz-dzariyat (51) : 21)

3. Ayo Berhitung Ayo Mengaji Peserta memahami pentingnya ilmu dalam memudahkan penyelesaian masalah, dan dengan ilmu orang berpeluang berbuat kebaikan lebih banyak

Tahap I :

 Mintalah masing-masing peserta untuk menghitung jumlah angka 1 sampai 50 dengan cepat. Beri waktu maksimal 3 menit.

 Mintalah mereka yang berhasil menghitung dengan cepat, bagaimana caranya memperoleh hasil tersebut.

Tahap II :

 Ajarkan cara menghitung yang lebih cepat dengan cara menjumlah 1 dan 50, 2 dan 49, 3 dan 48, dst sampai 50 dan 1.

 Sehingga diperoleh angka : 51 x 25 = 1275

4. Yuk Bikin Rumah Indahnya Islam  Mentee mengetahui bahwa bangunan rumah pasti terdiri dari pondasi (asas), bangunan (bina’) dan penyokong / pelindung / pagar (mu’ayidat) semakin besar dan kokoh maka dibutuhkan pondasi dll- harus kokoh

 Mentee paham bahwa membangun rumah pasti dimulai dari pondasi dan seterusnya, demikian ketika kita ingin membangun Islam dalam diri kita harus bertahap.

 Peserta di bagi beberapa kelompok 3 – 5 orang

 Di minta membuat / menggambar Rumah Idaman dengan tahapan :

 Mendiskusikan bagaiama tahapan proses membuat rumah

 Menulis tahapan dan membuat gambaran sebuah rumah jadi



5. Ta’aruf Semua materi Mengenalkan teman pasangannya dengan terlebih dulu saling bertukar informasi data diri  Setiap peserta mendapatkan satu orang sebagai pasangan permainannya

 Pasangan tersebut bisa diperoleh dengan cara undian, tebakan, menyatukan pantun yang terpisah

 Setiap pasangan terlebih dulu saling bertukar data diri dengan waktu kurang lebih 5 menit.

 Setiap peserta mengenalkan pasangannya dengan menyebutkan nama lengkap, nama panggilan, TTL, alamat asal dan sekarang, pekerjaan, jumlah saudara, hobby dll.

 Peserta yang tidak berada didepan boleh menanyakan kepada peserta yang sedang mengenalkan pasangannya, kalau tidak tahu boleh bertanya pada pasangannya tetapi dengan cara berbisik.

 Pasangan yang sedang dikenalkan tidak boleh menjawab pertanyaan atas dirinya.

 Setiap pasangan diberi waktu untuk saling mengenalkan pasangannya selama 5 menit.

 Catatan : Boleh mencatat data pasangannya

6. Ta’aruf Berantai Semua materi Tujuannya untuk melatih konsentrasi peserta  Peserta berjajar dalam suatu barisan yang panjang (kalau bisa posisinya melingkar)

 Permainan dimulai dengan peserta nomor 2 atau orang kedua menanyakan nama orang 1 (Siapa namanya ?)

 Saat dijawab oleh orang 1, orang ke-2 bertanya kembali (Siapa ?, seperti orang kurang dengar)

 Setelah mendapat jawaban yang kedua, baru orang ke-2 menyampaikan nama orang ke-1 pada orang ke-3

 Orang ke-3 juga pura-pura nggak dengar dan menanyakan kembali dengan pertanyaan, Siapa ?

 Orang ke-2 tidak boleh langsung menjawab, tetapi harus bertanya kembali pada orang ke-1, demikian seterusnya

 Jadi sumber beritanya hanya orang ke-1 saja.

7. Cerita Bernomor Semua materi Tujuannya untuk melatih konsentrasi peserta dan memudahkan mengenal peserta lain  Peserta diminta berhitung dan angka punggungnya harus dihafal

 Instruktur akan bercerita yang didalamnya menyebut angka

 Bila instruktur menyebut angka salah satu peserta, maka peserta tersebut harus segera tunjuk tangan dan menyebutkan nama dan alamatnya

8. Samson Delila Semua materi Salah satu cara untuk mengundi dalam memulai satu permainan (seperti Sut/ Suit)  Peserta dibagi dalam 2 kelompok besar (5 sampai 15 orang)

 Pilihan undian adalah SAMSON, DELILA dan SINGA dengan ketentuan sebagai berikut :

 SAMSON mengalahkan SINGA

 SINGA mengalahkan DELILA

 DELILA mengalahkan SAMSON

 Setiap kelompok menyepakati lebih dulu pilihan undiannya

 Saat aksi, seluruh peserta memperagakan gerakan pilihannya sesuai dengan petunjuk

9. 1234 Semua materi Menyebutkan 1234 dengan variasi semacam not balok  Instruktur menuliskan 1234 di papan dengan susunan sebagai berikut :

1 2 3 4

1 2 3 4

1 2 3 4

1 2 3 4



 Peserta diminta untuk membaca secara serentak mulai dari kiri atas terus ke kanan sampai angka terakhir

 Kemudian peserta diminta lagi untuk membaca angka sebagaimana diatas, tetapi pada angka yang diberi tanda garis tidak bersuara, dengan ketukan atau KARINA yang sama

10. Topi Saya Bundar Semua materi Peserta diminta menyanyi topi saya bundar dengan variasi  Digunakan untuk menghukum peserta

 Diusahakan agar pesertanya lebih dari 1

 Peserta diminta menyanyi topi saya bundar

 Sekali lagi diminta nyanyi lagu tersebut, dengan kata topi diganti kata ‘ehem’

11. Balonku Ada Lima Semua materi Peserta diminta menyanyi balonku ada lima dengan variasi  Digunakan untuk menghukum peserta/ mengurangi ketegangan

 Diusahakan agar pesertanya lebih dari 1

 Peserta diminta menyanyi syukur

 Menyanyi lagu syukur dengan syairnya balonku ada lima

12. Senam Coconut Semua materi Senam dengan gerakan C, O, C, O, N, U, T  Peserta diminta untuk senam dengan gerakan C, O, C, O, N, U, T yang ditunjukkan oleh instruktur

 Gerakan senam semakin cepat

13. Senam RCTI Semua materi Beberapa gerakan kecil yang diakhiri dengan iklan RCTI  Peserta diminta untuk melakukan gerakan kecil agar suasana menjadi segar

 Sesuai dengan petunjuk instruktur, akhirnya membentuk posisi sebagaimana iklan RCTI

14. Darat Laut Semua materi Tebakan menyebut hewan darat / laut  Intruktur akan menunjukkan peserta secara acak sambil bilan ‘darat’ atau ‘laut’

 Pada saat disebut darat, maka peserta yang ditunjuk harus menyebut salah satu hewan darat, demikian pula kalau disebut laut, maka harus menyebut hewan laut

15. Tembak-Tembakan Semua materi Melatih kekompakan dengan cara gerakan tembak menembak yang serempak  Peserta dibagi dalam 4 kelompok, masing-masing disebut kelompok (mis: Kalimantan, Sumatra, Jawa dan Madura)

 Masing-masing kelompok harus siap menembak dengan urutan pekerjaan sebagai berikut :

 Secara serempak bilang ‘siap’

 Dilanjutkan dengan gerakan kokang

 Ada komandu pemimpin pasukan untuk menyerbu salah satu kelompok

 Kelompok yang ditembak harus melakukan serupa untuk menembak kelompok lainnya lagi, demikian seterusnya

16. Tahu Mampu Mau Semua materi Gerakan tangan untuk melatih konsentrasi  Masing-masing peserta diajarkan gerakan Tahu Mampu Mau (Tahu dengan menunjuk kening, Mampu dengan mengepal kedua tangan dan Mau dengan menunjuk dada)

 Setelah berulang kali peserta bisa melakukan dengan baik, maka instruktur melakukan lagi dengan gerakan yang berlainan dengan aba-aba yang diberikannya

Sumber : Dokumen Kegiatan Mentoring KARINA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar